Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Murid pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Johanna Natania Puspita Yahya Universitas Kristen Petra
  • Iman Subekti Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.6.1.1-8

Keywords:

keterampilan mengajar, motivasi belajar, matematika, hubungan guru dan siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar murid pada mata pelajaran Matematika. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya peran guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang mendorong motivasi siswa, terutama dalam pelajaran Matematika yang kerap dianggap sulit dan menantang oleh sebagian murid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Instrumen penelitian berupa angket yang diberikan kepada siswa untuk mengukur persepsi mereka terhadap keterampilan mengajar guru dan tingkat motivasi belajar. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (Sig. = 1.000 > 0,05). Uji linearitas menunjukkan adanya hubungan linear antara variabel keterampilan mengajar dan motivasi belajar (Sig. = 0,001 < 0,05). Hasil analisis korelasi Pearson diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,052 (> 0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,430, yang menunjukkan adanya hubungan positif dalam kategori sedang antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar murid. Penelitian ini sejalan dengan temuan sebelumnya dari Ole & Makausi (2022) serta Sulle & Tulak (2021), yang menunjukkan bahwa kemampuan mengajar guru memiliki peran signifikan dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini merekomendasikan pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran Matematika secara kreatif dan komunikatif agar dapat membangkitkan semangat belajar siswa secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmalia, Rizki, Ray, A.U.M., Pramudya, A., Azrohid, F., & Tanjung, L.A. (2023). Manajemen peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar murid. Journal on Education 5(3), 9225–31. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1727.

Ambarawati, A. (2021). Urgensi keterampilan komunikasi nonverbal guru pada era society 5.0. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 12(2), 64–81. https://doi.org/10.30739/darussalam.v12i2.1188.

Arends, R. I. (2014). Learning to teach (10th ed.). McGraw-Hill Education. Boston, US. https://archive.org/details/learningtoteach0000aren_r5s3/page/n9/mode/2up?utm_source=chatgpt.com

Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022). Model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) sebagai salah satu strategi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 203.

Asiri, R.F., Simarmata, R., Barella, Y., & Barat, K. (2024). Strategi belajar mengajar (project based learning). Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 255–266. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2644

Bandura, A. (1977). Social learning theory. Prentice-Hall.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives. McKay.

Boentolo, F., Manu, C.-C. C. R., Saragih, O. G., & Zalukhu, S. (2024). Peran guru memanfaatkan AI dalam membangun generasi unggul menuju Indonesia emas 2045. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48

Brookfield, S.D. (2015). The skillful teacher: on technique, trust, and responsiveness in the classroom. Jossey-Bass. San Francisco, US. https://books.google.co.id/books?id=UPhgBgAAQBAJ&printsec=copyright&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Gardner, H. (1983). Frames of mind: the theory of multiple intelligences. Basic Books.

Hanaris, F. (2023). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar murid: strategi dan pendekatan yang efektif. Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9

Handiyani, Mila, & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan motivasi belajar murid melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi: sebuah kajian pembelajaran dalam perspektif pedagogik-filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–26. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116.

Hidayah, Nurul, L., Rahmawati, L.E., & Wardani, L.S.P. (2021). Variasi tugas dan aktivitas pembelajaran di sekolah dasar pada masa pandemi corona. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 93. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1068.

Kurniawan, A. (2022). Manajemen kelas. PT Global Eksekutif Teknologi. Padang. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://repository.uki.ac.id/9834/1/ManajemenKelas.pdf

Mea, F., Tinggi, S., Kristen, A., Bangsa, A., Guru, K., Guru, I., & Dinamis, K. (2024). Kreativitas dan inovasi guru dalam menciptakan, 4(3), 252–275.

Nuryasana, Endang, & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahamurid. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177.

Ole, A. A., & Makausi, T. D. (2022). Hubungan kreativitas mengajar guru dan minat belajar siswa. Journal on Education, 5(1), 961–968. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.699

Riwayatiningsih, Rika, Wicaksono, A., Khoiriyah, Sulistyani, & Puji, M.P.A. (2021). Meningkatkan keterampilan komunikasi guru Bahasa Inggris di Kediri melalui pelatihan public speaking. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 112–18. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.27.

Subekti, I., Sutanto, Y. K., & Hariyanto, H. (2024). Pengaruh keaktifan murid dalam google classroom terhadap prestasi belajar matematika murid. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.25-33

Sulle, D. & Tulak, T. (2020). Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik. Skripsi, 4.

Wentzel, K.R. & Brophy, J.E. (2014). Motivating students to learn. Routledge. https://www.amazon.com/Motivating-Students-Learn-Kathryn-Wentzel-dp367136740/dp/0367136740/ref=dp_ob_title_bk

Yosia, A. (2024). Matematika dan teologi penciptaan sebagai bahasa semesta: suatu kajian eksploratif-reflektif interdisipliner terhadap matematika dan teologi penciptaan berdasarkan Kejadian 1:1-2:4a sebagai dialog antara dua bidang ilmu. Aletheia: Journal of Theology and Christian Education, 5(1), 8–16. https://aletheia.petra.ac.id/index.php/aletheia/article/view/223

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Yahya, J. N. P., & Subekti, I. (2025). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Murid pada Mata Pelajaran Matematika. Aletheia Christian Educators Journal, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/aletheia.6.1.1-8

Issue

Section

Articles