Penerapan Metode Gerak dan Lagu Sebagai Stimulasi Motorik Kasar pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun

Authors

  • Glady Deltalia Lanapu Universitas Kristen Petra
  • Lisa Narwastu Kristsuana Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/aletheia.6.1.19-26

Keywords:

Anak Usia Dini, Metode Gerak dan Lagu, motorik kasar

Abstract

Perkembangan motorik kasar merupakan aspek penting yang perlu distimulasi sejak dini dan dapat menjadi acuan pertama dalam mengenali pertumbuhan dan perkembangan anak. Hurlock (1978) menyebutkan enam dampak positif pengembangan motorik kasar, termasuk kesehatan fisik yang matang, emosi yang stabil, kepercayaan diri, pengembangan kognitif yang cepat, keterampilan bersosialisasi, serta rasa nyaman dan aman secara fisik dan psikologis. Namun, fenomena saat ini menunjukkan penurunan aktivitas bergerak pada anak, yang berdampak negatif pada perkembangan motorik kasar mereka. Salah satu metode yang menyenangkan dan menarik minat anak dalam belajar adalah metode gerak dan lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode gerak dan lagu dalam menstimulasi motorik kasar AUD 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Swasta Surabaya, dengan guru wali kelas TK-A sebagai subyek penelitian, dan beberapa murid TK-A serta kepala sekolah sebagai informan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data penelitian   diperoleh melalui observasi dan wawancara terhadap subjek dan informan penelitian. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini adalah penerapan metode gerak dan lagu dengan persiapan yang matang, serta pelaksanaan yang sesuai dengan langkah-langkah yang telah disiapkan, terbukti membuat anak lebih antusias dan lebih aktif bergerak, serta mampu menstimulasi anak untuk menguasai gerak motorik kasar yang perlu dipelajari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dianti, E. (2024). Mengembangkan motorik kasar pada anak usia dini (PAUD) melalui gerak dan lagu. PERNIKL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 52–61. https://doi.org/10.31851/pernik.v7i1.15897

Dini, J. P. A. U. (2022). Strategi stimulasi perkembangan motorik kasar anak usia dini melalui maze karpet covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553-2563. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2103/pdf

Elvinar, E., & Nurbaiti, S. B. B. (2017). Peningkatkan kemampuan motorik anak melalui gerak dan lagu pada anak usia 4-5 tahun di TK Cut Mutia Banda Aceh. Visipena Journal, 8(1), 108-123. https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/download/381/347/

Farida, A. (2016). Urgensi perkembangan motorik kasar pada perkembangan anak usia dini. Jurnal Raudhah, 4(2), 2338 – 2163. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i2.52

Fitri, Y. M., & Nurhafizah, N. (2023). Analisis metode gerak dan lagu terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2987–2998. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3350

Fitriani, R. & Adawiyah, R. (2018) ‘Perkembangan fisik motorik anak usia dini’, Jurnal Golden Age, 2(01), p. 25. doi:10.29408/goldenage.v2i01.742.

Hidayatulloh, M. A. (2014). Lingkungan menyenangkan dalam pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 140-154. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan anak. Jakarta: Penerbit Erlangga

Indriani, M., & Puspitasari, D. (2024). Pengaruh game based learning pada kemampuan kognitif dan perkembangan emopsi mu8rid sekolah dasar di Papua. Aletheia Christian Educators Journal, 5(2), 73–78. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.73-78

Kiya, A., & Windi Wahyuni, I. (2020). Pengembangan motorik kasar anak usia dini melalui permainan gerakan binatang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 107–120. https://doi.org/10.32678/assibyan.v5i2.10552

Kristsuana, L. N., Puspitasari, D., Lanapu, G. D., & Zega, A. S. (2023). Penggunaan flashcard untuk menumbuhkan minat anak usia dini dalam mendengarkan cerita. Aletheia Christian Educators Journal, 4(2), 47–52. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.2.47-52

Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Putri, N. K., Putri, H., & Uce, L. (2023). Pendidikan anak usia dini. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Mahmud, B. (2019). Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 76-87.https://jurnal.iain- bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/177

Motimona, P. D., & Maryatun, I. B. (2023). Implementasi metode pembelajaran STEAM pada kurikulum merdeka pada PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682

Tahtani, M.D., & Sunaryo, I. (2025). Meningkatkan motorik kasar dengan media musik melalui gerak dan lagu Kupu Kuwi untuk anak PAUD, 6(1), 108–118. https://doi.org/10.37985/murhum.v6i1.1045

Mayar, F., Sari, D. N., & Hijriani, A. (2019). Analisa manfaatseni untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1359–1364. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/359

Paspiani, N. K. N. (2015). Kegiatan latihan gerak dan lagu (Jeruk Bali) untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak usia dini. Jurnal pendidikan anak, 4(1), 538-543. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12340

Permadi, D. P., Mahrun, M., & Afrianti, N. (2020). Meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui gerak dan lagu animal dance pada anak usia 4-5 tahun di RA Al-Ikhwan Soreang. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 32-35

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran gerak dan lagu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832-840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691

Rahayu, N. S., Elan, E., & Mulyadi, S. (2021). Analisis penggunaan gadget pada anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 202-210. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/40743

Rame, M. C., Puspitasari, D., & Chrystofer, J. (2024). Implementasi metode mengajar dengan media lagu dalam perkembangan bahasa reseptif dan ekspresif anak fase difersiasi. Aletheia Christian Educators Journal, 5(2), 93–100. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.2.93-100

Respati, R., Nur, L., & Rahman, T. (2018). Gerak dan lagu sebagai model stimulasi pengembangan kecerdasan kinestetik anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 321-330. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.13

Rezeky, D. S., & Zendrato, R. J. (2023). The impact of gadget use on motor and intellectual development in Elementary School Children. International Journal of Students Education, 1(2), 178–183. https://doi.org/10.62966/ijose.v1i2.405

Rizki, H., & Agus, R. M. (2020). Analisis tingkat pencapaian perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun pada masa pandemi Covid-19. Journal of Physical Education, 1(2), 20-24. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanolahraga/article/view/588

Rohfirsta, F., Muhammad, &, & Zulfahmi, N. (2024). Analysis of gross motor development of children aged 4-5 years through the implementation of the smart basket game article info. In EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 13-26. https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic

Saripudin, A. (2019). Analisis tumbuh kembang anak ditinjau dari aspek perkembangan motorik kasar anak usia dini. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114-130. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/equalita/article/view/5161

Sulaeman, D., Milawati, Y., Budiarti, S. E., & Rosidah, I. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menganyam pada anak usia 5-6 tahun. Plamboyan Edu, 1(1), 45–57. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/321

Sumiyati, S. (2018). Metode pengembangan motorik kasar anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 78-97. https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/awlady/article/view/2509/1473

Taha, A. N., Bastiana, B., & Ramlah, R. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui gerak dan lagu pada kelompok A TK Hikma Urung. Jurnal Profesi Kependidikan, 4(2 OKT), 171–182. https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/30616

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis penerapan senam irama dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844-1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Uzer, Y. (2019). Implementasi pembelajaran Bahasa Inggris anak melalui metode gerak dan lagu untuk anak paud. PERNIK, 2(2), 187-193. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3117

Zahari, Q. F., Prashanti, N. A. S., Salsabella, S., Jumiatmoko, J., Hafidah, R., & Nurjannah, N. E. (2022). Kemampuan fisik motorik anak usia dini dengan masalah obesitas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2844–2851. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1570

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Lanapu, G. D., & Kristsuana , L. N. (2025). Penerapan Metode Gerak dan Lagu Sebagai Stimulasi Motorik Kasar pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun. Aletheia Christian Educators Journal, 6(1), 19–26. https://doi.org/10.9744/aletheia.6.1.19-26

Issue

Section

Articles